Kampung Inovasi Desa Kiarasari Tani Milenium

Subang,nuansasinar.com-Pengembangan Teknologi dizaman revolusi industri 4,0 tumbuh dengan pesat sehingga kompentensi penggunaan Internet Of Things (LOT) serta Artficial Intelegen (Al) sangat di perlukan, salah satu Teknologi yang saat ini di kembangkan untuk mewujudkan pertanian ,4,0 adalah penggunaan Drone teknologi. Drone yang dulu di gunakan secara terbatas untuk meliter, kini bisa di manfaatkan oleh para petani untuk melakukan analis kondisi lahan, penanaman, penyemprotan , memeriksakan kesehatan tanaman,sensor irigasi dan lainya. Hal itu terjadi di Desa Kiarasari ,Kecamatan Compreng ,Kabupaten Subang Jawa Barat, yang bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (ITB)

Kepala Desa Kiarasari SAMSUDIN (5/5/2021), saat uji coba Drone mengatakan bukan hanya mengembangkan konsep inovasi moderisasi pertanian berteknologi, bukan hanya teori tapi juga mampu menangkap bisnis di bidang pertanian.

Saya juga melakukan inovasi ini Langsung ke institut pertanian Bogor (ITB). Alhamdulillah saya di sambut baik dan dapat menerapkan moderisasi pertanian berbasis Teknologi dan inovasi itu dengan sangat baik di bidang pertanian yang ada di wilayah kami, untuk percontohan lahan seluas 50 hektar dengan sistem yang sangat canggih ,dari mulai penyemain, penanan dan penyemprotan hama dengan menggunakan Drone.

Kapasitas Drone bisa menampung air sebanyak 20 Liter air campuran obat selama 15 menit dengan remot control. Samsudin berharap dengan adanya program ini di harapkan mampu meningkatkan income para petani dan sudah saatnya petani berinovasi dengan dukungan Teknologi pertanian modern dengan kemasan kekinian yang dapat menarik generasi muda untuk dapat mempelajari pertanian dan juga untuk mengurangi pengangguran dan mudah-mudahan dapat juga memberikan kesejahteraan untuk masyarakat Desa Kiarasari dan umumnya untuk para petani di Subang. Pungkasnya.

 

Bahrudin mk.

author
No Response

Leave a reply "Kampung Inovasi Desa Kiarasari Tani Milenium"