Kab. Pangandaran Kembangkan Budidaya Ikan Nila di Desa Selasari, Kec. Parigi

Pangandaran,nuansasinar.com-Kabupaten Pangandaran kaya akan potensi wisata laut dan wisata alam yang harus dikembangkan serius dan profesional untuk menunjang pemberdayaan perekonomian masyarakat, sehingga mampu menyerap lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan sesuai dengan yang diharapkan. Terlebih Bupati Pangandaran H.Jeje Wiradinata memiliki Konsep menciptakan pembukaan perkotaan baru yang harus ditopang secara bersama-sama baik oleh semua komponen masyarakat umumnya maupun semua komponen pemerintahan baik dari Pemda, Provinsi dan Pemerintahan pusat yang terkait.

Pembukaan wilayah perkotaan baru yang dicanangkan, seperti halnya Wilayah Desa Cinta Karya, Desa Cintaratu dan Desa Selasari Kecamatan Parigi yang memiliki potensi lengkap yang harus dikembangkan bersama liding sektor Pemerintahan, Dinas Kelautan, Perikanan dan Budidaya Kabupaten Pangandaran.Daerah tersebut berkonsep Kampung Budidaya Ikan Nila dan memiliki wisata alam Santirahyang bertujuan untuk pemberdayaan dan menunjang peningkatan perekonomian masyarakat.

Plt. Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Budidaya Kabupaten Pangandaran melalui Kabid Budidaya, Hadli,S.Pd. Mengungkapkan "Pangandaran merupakan kawasan strategi Provinsi dan Kawasan Wisata Unggulan Jawa Barat, serta merupakan tataran Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) sehingga Desa Selasari Kec. Parigi memiliki potensi untuk dilakukan pengembangan di berbagai sektor, terlebih daerah tersebut sudah memiliki area wisata alam Santirah dengan keadaan debit air cukup menunjang untuk pengembangan budidaya ikan nila sesuai harapan, serta memiliki sektor hutan dan area pesawahan untuk ketahanan pangan apabila sarana prasarana dilengkapi potensi sumber air sangat menunjang untuk dikembangkan. 

Arus kunjungan wisatawan ke Pangandaran mencapai puluhan ribu pertahun mampu untuk dijadikan asset yang maksimal. Kunjungan wisatawan lokal maupun Mancanegara bisa menjadikan devisa ekonomi Pangandaran memiliki perkembangan potensi pertumbuhan perekonomian Sosial dan budaya sangat baik, sehingga dengan meningkatnya pertumbuhan arus wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran kebutuhan akan konsumsi ikan akan meningkat tajam di Kab. Pangandaran ,Ungkap Hadli, S.Pd Beliau pun menambahkan perlunya menciptakan usaha budidaya ikan yang berkwalitas dan kwantitasnya pun harus terpenuhi sesuai kebutuhan program. Program tersebut harus ditopang dengan pembinaan dan pengembangan potensi kawasan serta pemberian bantuan sarana dan prasarana perikanan, baik oleh pemerintahan Provinsi maupun Pemerintahan pusat bersama sama dengan pemerintahan daerah, serta semangat dari masyarakat dalam melaksanakan program budidayalah yang akan meningkatkan kesejahteraan untuk masyarakat sendiri, Tambahnya. 

Beberapa program akan menunjang daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran, Selain wisata pantai kita juga menyediakan wisata alam dengan mengembangkan wisata budidaya ikan nila dan budidaya Mina padi. Semua program yang dibuat tetap akan berkaitan dengan Kepariwisataan, Ketahanan pangan akan kebutuhan padi , hutan, Kuliner/ UMKM yang pada akhirnya disamping budidaya ikan nila juga budidaya Bioflok akan bisa dijadikan wisata alam sesuai dengan cita-cita wisata mendunia ,Kata Hadli, S.Pd. 

Keterkaitan kebersamaan akan mencapai keberhasilan dalam sebuah program ,terlebih kita memiliki tujuan wisata mendunia ,sedangkan kabupaten Pangandaran memiliki potensi pengembangan berbagai sektor yang ada di tiap wilayah Kecamatan ,wisatawan berkunjung bisa menikmati ikan segar langsung ditempat ,bisa melihat sektor pengembangan sektor pertanian sebagai edukasi pada masyarakat ,pengembangan sektor Kuliner/UMKM ,dari semua program yang dijalankan akan menopang perkembangan perekonomian, Pungkasnya.(07/06).

 

(Rachmat)

author
No Response

Leave a reply "Kab. Pangandaran Kembangkan Budidaya Ikan Nila di Desa Selasari, Kec. Parigi"