• Minggu, 5 Februari 2023

Warga Ketapang Lestarikan Budaya Petik Laut dan Selamatan

- Senin, 31 Oktober 2022 | 13:11 WIB
Warga Ketapang Lestarikan Budaya Petik Laut dan Selamatan (Thoyyib)
Warga Ketapang Lestarikan Budaya Petik Laut dan Selamatan (Thoyyib)


Probolinggo, NuansaSinar.Com-Menjelajahi rute dari Jalan Kelud, Jalan Abdurahman Wahid (Gusdur), Jalan Argopuro, Jalan Krakatau, kemudian finish di Pantai Takad Jalan Nelayan Ketapang menjadi rute Karnaval Festival Seni Budaya dan Pariwisata “Petik Laut dan Selamatan” Kelurahan Ketapang, Minggu (30/10) siang.

Baca Juga: Bongkar dan Terungkap Rey Mbayang Ternyata Ada Fakta Mengejutkan Yang Tertuju Pada Sosok Artis Alin Inisial R


Acara yang digelar dua hari (29-30/10) itu dimulai dengan ziarah ke makam leluhur dan khataman Al-Qur’an iikuti sekira 500 orang warga perwakilan kelompok nelayan kelompok tani kelompok disabilitas LPM RT/RW PKK kader posyandu karang taruna siswa-siswi sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah di Kelurahan Ketapang.


Kegiatan ini untuk memberikan hiburan, edukasi serta promosi pariwisata bagi masyarakat. “Merupakan revitalisasi budaya, sebagai media pelestarian budaya. Memberikan wahana sebagai rasa syukur nikmat Allah yang telah diberikan kepada warga masyarakat Kelurahan Ketapang dalam bentuk festival,” ucap Lurah Ketapang Zainul Faruk dalam laporannya.

Baca Juga: Bukan Rizky Billar dan Teuku Ryan Pelaku Video Syur Artis, ini Dia Wajah Artis Alim Berinisial R Itu Wewen


Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin hadir didampingi Wakil Ketua DPRD H. Nasution dan sejumlah undangan disuguhi Tari Ogoh-ogoh nuansa Bali. Tari ini menggambarkan kepribadian Bhuta Kala yang memiliki kekuatan alam semesta dan waktu yang tak terbantahkan. Dalam perwujudan patung dimaksud Bhuta Kala digambarkan sebagai sosok yang besar dan menakutkan biasanya dalam wujud raksasa.

Warga Ketapang Lestarikan Budaya Petik Laut dan Selamatan (Thoyyib)


Dalam sambutannya Wali Kota Habib Hadi mengungkapkan rasa syukurnya melihat perkembangan Pantai Takad yang begitu pesat. “Saya tadi dari sana (parkiran utama ujung Jalan Nelayan) sengaja turun dan jalan kaki, karena saya ingin mengenang masa lalu. Sekarang jalannya sudah bagus, sudah diaspal. Mudah-mudahan dalam waktu dekat semakin bagus lagi,” bukanya.


“Festival budaya ini harus kita lestarikan dan ini kegiatan luar biasa, saya sampaikan apresiasi pada panitianya. Saya berharap semua wilayah di Kota Probolinggo harus bisa memunculkan potensi-potensi wisata, salah satunya seperti di Kelurahan Ketapang ini. Mudah-mudahan bisa berkembang dan bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Baca Juga: Komunitas Pecinta Lingkungan Persembahkan 1500 Bibit Mangrove

Halaman:

Editor: Sandi ramadani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siapa Nama/Profil Camat Cicalengka? Simak di Sini!

Jumat, 13 Januari 2023 | 12:41 WIB

Jatim Bejo Gerakkan Gairah Ekonomi Pelaku UMKM

Kamis, 3 November 2022 | 18:57 WIB

Wali Kota Habib Hadi Segel Tempat Hiburan Karaoke

Kamis, 3 November 2022 | 10:18 WIB
X