Gencar Sosialisasi KI, Fajar Lase Sapa 2 UMKM Batik dan Tenun di Bengkalis

- Rabu, 28 September 2022 | 13:59 WIB
Gencar Sosialisasi KI, Fajar Lase Sapa 2 UMKM Batik dan Tenun di Bengkalis (Red)
Gencar Sosialisasi KI, Fajar Lase Sapa 2 UMKM Batik dan Tenun di Bengkalis (Red)

Bengkalis, MNS-Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) terus menggencarkan sosialisasi tentang kekayaan intelektual (KI) kepada UMKM, agar sadar dan berminat mendaftarkan produknya berupa merek, paten, hak cipta, dan desain industri.

Kali ini, Staf Khusus Menkumham Bidang Transformasi Digital Fajar BS Lase melakukan sosialisasi kepada UMKM Batik Langgam Sako Desa Teluk Latak dan Usaha Kain Tenun Lejo Putri Mas Bengkalis, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga: Kebakaran hutan kebakaran liar atau Terbakarnya kebun sawit milik warga

Dalam kesempatan itu, Fajar Lase mengajak pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang belum mendaftarkan Merek, Karya Cipta, Hak Cipta, Paten serta Desain Industrinya untuk segera didaftarkan.

"Jangan tunggu hingga usaha anda besar baru mencari perlindungan HKI (hak kekayaan intelektual)-nya, namun besarkan usaha anda beriringan dengan HKI," tegas Fajar Lase.

Saat ini, kata Fajar Lase, sebagian besar pelaku usaha yang bergerak di sektor Ekraf (ekonomi kreatif) berbasis KI (kekayaan intelektual) di Indonesia masih banyak yang belum memiliki perlindungan KI.

Padahal, UMKM yang belum melakukan perlindungan KI, saat produknya semakin maju dan dikenal dan meraih omset Rp100 juta lebih setiap bulan misalnya, akan ada potensi ide-ide kreatif produknya yang dihimpunnya itu sekian lama berpeluang untuk dicuri.

Baca Juga: Jembatan baru di Bandung sudah di buka/ flyover kopo

"Bisa saja ada yang mencuri ide tersebut lalu kemudian berinisiatif mendaftarkan KI ke Kemenkumham Riau, dan yang bersangkutan akan mendapatkan kemanfaatan sedangkan pemilik ide awal justru tidak boleh menggunakan merek tersebut, dan yang bersangkutan dirugikan," katanya.

Halaman:

Editor: Sandi ramadani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jatim Bejo Gerakkan Gairah Ekonomi Pelaku UMKM

Kamis, 3 November 2022 | 18:57 WIB

Wali Kota Habib Hadi Segel Tempat Hiburan Karaoke

Kamis, 3 November 2022 | 10:18 WIB
X