Lahan kering di kawasan taman nasional Gunung ciremai mengalami kebakaran

- Rabu, 28 September 2022 | 09:11 WIB
Gunung ciremai kuningan  (rei)
Gunung ciremai kuningan (rei)

Bandung,MNS-Kebakaran lahan gersang kembali terjadi di Taman Nasional Gunung ciremai (TNGC) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Bahkan upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Gunung Srimai terus dilakukan hingga Minggu (25/9/2022) malam.

Kepala BPBD Kuningan Indira Biopramana dalam keterangan persnya mengatakan kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di kawasan Gunung ciremai. Titik api terjadi di beberapa blok kawasan Kuningan Pasuhan.

Baca Juga: Biadab Berani Cemarkan Nama Baik LSM Ini yang terjadi

“Api merembet ke beberapa tempat Gunung ciremai seperti Blok Cileutik, Blok Manguntapa, Blok Maling Street, Blok Tegal Bodas, Blok Sistack, dan Blok Dent Rama. Semuanya berada di kawasan Taman Nasional Gunung ciremai, khususnya Kabupaten Pasuahan. "cunnigan" katanya.

kejadian di Gunung ciremai, titik api awalnya terjadi di blok Jalan Miling. Namun kebakaran hutan dan lahan menyebar dari Blok Seliyot, Blok Mangantapa, Blok Tegal Bodas, Blok Sistak hingga Blok Ankar Rama.

Baca Juga: Viral Es Teh 150 Ribu, 'Cowok-cowok Bisa Nangis'

"Asap dari kebakaran hutan dan lahan pertama kali diketahui warga blok Jalan Miling pada Minggu siang. Api kemudian menjalar dan merembet ke beberapa lokasi lain," 

Sejauh ini, pihaknya belum bisa menyimpulkan berapa luas lahan dan hutan yang terbakar. Namun, upaya telah dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran gabungan untuk memadamkan api.

“Tim gabungan terdiri dari sekitar 70 personel dari BTNGC, TNI, Polri, BPBD Kuningan, MPA, Forum Ciremai, Destana Karangsari, relawan dan personel masyarakat setempat. Mereka telah dikerahkan di beberapa lokasi untuk membawa peralatan seperti jet shooter, selang atau dapat melakukan upaya pemadaman kebakaran dengan menggunakan selang kebakaran dan peralatan lain yang tersedia,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Iman Surya Permadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jatim Bejo Gerakkan Gairah Ekonomi Pelaku UMKM

Kamis, 3 November 2022 | 18:57 WIB

Wali Kota Habib Hadi Segel Tempat Hiburan Karaoke

Kamis, 3 November 2022 | 10:18 WIB
X