Ajak Warga Kelurahan Triwung Lor Siap dan Tanggap Bencana

- Selasa, 27 September 2022 | 20:12 WIB
Ajak Warga Kelurahan Triwung Lor Siap dan Tanggap Bencana (Thoyyib)
Ajak Warga Kelurahan Triwung Lor Siap dan Tanggap Bencana (Thoyyib)

Probolinggo, MNS-Sering terjadinya peristiwa kebencanaan baik berupa bencana alam maupun bencana non alam, warga Kota Probolinggo masih harus waspada terhadap ancaman bencana lainnya. Seperti yang terlihat di Kelurahan Triwung Lor Kecamatan Kademangan, Selasa (27/9) sebanyak 50 orang, terdiri dari perwakilan RT/RW, PKK, kader posyandu, karang taruna, forum tanggap bencana dan warga Kelurahan Triwung Lor mengikuti Sosialisasi Tanggap Darurat.

Baca Juga: Forum Komunikasi BPJS Kesehatan-Pemkot, Upaya Satukan Pemahaman Pemangku Kepentingan

Bencana bagi Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK), Lurah Triwung Lor Iwan Cahyono melaporkan tujuan diadakan giat ini untuk memberikan gambaran bagi warga yang tinggal di daerah rawan bencana bahwa pembelajaran simulasi bencana perlu dibina sejak awal. Selain itu, untuk memberikan pengetahuan kepada warga bahwa pentingnya pembelajaran simulasi bencana sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Sementara itu, Camat Kademangan Gofur Effendi mengingatkan warganya untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem yang terjadi saat ini. “Jangan lupa bahwa sewaktu-waktu cuaca ekstrem bisa saja terjadi. Biasanya panas jadi hujan. Kita perlu waspada terhadap kondisi seperti itu. Yang kapan waktunya terjadi, kita sendiri tidak tahu. Jadi kesiapsiagaan itu sangat penting,” tuturnya.

Baca Juga: Sinopsis Film Moeldoko, Apakah Peran Jendral?

Gofur- sapaan akrabnya pun mengimbau warganya untuk melakukan tindakan meminimalisir kejadian bencana dan menyemangati mereka selalu kompak. “Mari kita adakan reboisasi, penghijauan, tanam-tanaman yang banyak menyerap air, itulah yang kita tanam. Yang tidak kalah pentingnya kerja bakti. Saya yakin warga Kelurahan Triwung Lor kompak,” imbaunya.
Pada kesempatan itu, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin yang diwakili Sekda drg.

Ninik Ira Wibawati mengatakan potensi terjadinya bencana hidrometeorologi masih tinggi. Hujan lebat, angin, banjir dan tanah longsor masih berpotensi terjadi. Intensitasnya bisa tinggi, hal itu sesuai surat edaran dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (PNPB) dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Ajak Warga Kelurahan Triwung Lor Siap dan Tanggap Bencana (Thoyyib)

“Kondisi wilayah Kota Probolinggo yang selama ini kerap dilanda banjir saat hujan deras, masyarakat diharapkan selalu peduli terhadap lingkungan. Salah satunya dalam menjaga kebersihan karena sangat berpengaruh terhadap kelancaran drainase dan sungai yang harus tetap terjaga,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Sandi ramadani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jatim Bejo Gerakkan Gairah Ekonomi Pelaku UMKM

Kamis, 3 November 2022 | 18:57 WIB

Wali Kota Habib Hadi Segel Tempat Hiburan Karaoke

Kamis, 3 November 2022 | 10:18 WIB
X