Pelantikan Pengurus Karang Taruna Kab Tapsel Periode 2022-2026

- Senin, 26 September 2022 | 21:38 WIB
Pelantikan Pengurus Karang Taruna Kab Tapsel Periode 2022-2026 (Suwandi)
Pelantikan Pengurus Karang Taruna Kab Tapsel Periode 2022-2026 (Suwandi)

Tapsel, nuansasinar.com -Bertempat di gedung serba guna pemerintah kabupaten Tapanuli Selatan, di langsungkan acara pelantikan pengurus karang taruna kabupaten Tapanuli Selatan periode 2022-2026, senin (26/09).

Berikut adalah sedikit sejarah karang taruna

Karang Taruna untuk pertama kalinya lahir pada tanggal 26 September 1960 di Kampung Melayu, Jakarta. Dalam perjalanan sejarahnya, Karang Taruna telah melakukan berbagai kegiatan, sebagai upaya untuk turut menanggulangi masalah-masalah Kesejahteraan Sosial terutama yang dihadapi generasi muda dilingkungannya, sesuai dengan kondisi daerah dan tingkat kemampuan masing-masing.

Pada mulanya, kegiatan Karang Taruna hanya sebatas pengisian waktu luang yang positif seperti rekreasi, olah raga, kesenian, kepanduan (pramuka), pendidikan keagamaan (pengajian) bagi anak yatim, putus sekolah, tidak sekolah, yang berkeliaran dan main kartu serta anak-anak yang terjerumus dalam minuman keras dan narkoba.

Baca Juga: Ormas Pemuda Pancasila Kel Bunder dan KSB Karangtaruna Katar Giat Baksos

Dalam perjalanan sejarahnya, dari waktu ke waktu kegiatan Karang Taruna telah mengalami perkembangan sampai pada sektor Usaha Ekonomis Produktif (UEP) yang membantu membuka lapangan kerja/usaha bagi pengangguran dan remaja putus sekolah.

Pada masa Pemerintahan Orde Baru, nama Karang Taruna hanya diperuntukkan bagi kepengurusan tingkat Desa/Kelurahan serta Unit/Sub (tingkat RT/RW) saja. Sedangkan kepengurusan tingkat Kecamatan sampai Nasional menggunakan sebutan Forum Komunikasi Karang Taruna (FKKT), hal tersebut diatur dalam Kepmensos No 11/HUK/1988.

Krisis Moneter yang melanda bangsa ini tahun 1997 turut memberikan dampak bagi menurunnya dan bahkan terhentinya aktivitas sebagian besar Karang Taruna. Saat dilaksanakan Temu Karya Nasional (TKN) IV tahun 2001 di Medan, disepakatilah perubahan nama menjadi Karang Taruna Indonesia (KTI).

Baca Juga: Siapakah Sosok Pengganti Ketua DPRD Tapsel? Ini Jawaban A Basith Dalimunthe, S.H Gerinda

Halaman:

Editor: Hilal Milki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jatim Bejo Gerakkan Gairah Ekonomi Pelaku UMKM

Kamis, 3 November 2022 | 18:57 WIB

Wali Kota Habib Hadi Segel Tempat Hiburan Karaoke

Kamis, 3 November 2022 | 10:18 WIB
X