• Kamis, 29 September 2022

Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Besar l Luluang Daeng Mabbiring Karaeng Borong

- Senin, 1 Agustus 2022 | 21:44 WIB
Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Besar l Luluang Daeng Mabbiring Karaeng Borong (AKBP (purm) A. Masaong)
Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Besar l Luluang Daeng Mabbiring Karaeng Borong (AKBP (purm) A. Masaong)

Bulukumba, nuansasinar.com -Borong adalah salah satu desa di Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba (kurang lebih 50 Km) dari Kota Kab. Bulukumba adalah desa yang memiliki sejarah panjang dan tergolong tua dengan tradisi adat dan budayanya.

Pada hari Ahad Tanggal 31 Juli 2022, rumpun keluarga yang tergabung dalam kerukunan keluarga besar I Luluang Dg Mabbiring Karaeng Borong melaksanakan acara pengukuhan kerukunan keluarga besar yang dirangkaikan dengan gelar tradisi adat pakkaraengan Ri Borong dengan tema, adat dan tradis,i kita wujudkan masyarakat yang bermoral, Tangguh dan Beradab.

Baca Juga: Bupati Bulukumba Mengapresiasi Kerja Tim Work Pemburu Hama Babi

Prosesi acara ini dimulai dengan acara ritual adat istiadat Karaeng Borong, yakni doang karaeng yang mana ritual ini adalah sangat sakral dan juga beberapa tradisi lainnya yang merupakan satu kesatuan adat sampulo Nrua. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WITA, yang dihadiri oleh pemangku lembaga adat maupun perwakilan kerukunan keluarga besar kakaraengan dari berbagai daerah di Bulukumba, Bone dan juga dari selayar yang turut serta menghadiri acara pengukuhan dan pelantikan Pengurus KKB I luluang Daeng Mabbiring Karaeng Borong yang di rangkaikan gelar adat dan tradisi kakaraengan Borong.

Adapun yang menghadiri dimajelis tersebut adalah,
1.YM.Andi Arung Daeng Manawang Karaeng Tanribali, yang menjabat Ketua Dewan adat, Lembaga Adat Kerajaan Bonto Bangun Kepulauan Selayar.
2.YM.Puang Andi Ashat Bintang Patahangi, yang merupakan perwakilan keluarga dari Datu Ulaweng dan trah Puatta Lannaco Dulung Awang Tangka Arung Buluttana
4.YM.ketua KKB Karaeng Mallahangang (Karaeng Lange-lange)
5.YM.Perwakilan keturunan Botoa
6.YM.keturunan Karaeng Sajuang Karaeng tanah beru.

Baca Juga: Kesenian Budaya Sunda Wayang Golek Yang Di Lestarikan Sampai Saat Ini Masih Di Minati Warga

Prosesi acara ini diadakan pada dua tempat berbeda, yang pertama acara ritual dan prosesi pangadakkang Kakaraengan yang di laksanakan di rumah panggung.
Bahwa prosesi pangngadakkang kakaraengan ri borong seperti gelar adat sampulo nrua, dan doang karaeng dengan segala tata lakunya, bermula dari syarat yang diajukan oleh Karaeng I luluang Daeng Mabbiring kepada dewan adat (adat tallua) Ri borong pada waktu itu sebelum karaeng I Luluang daeng mabbiring bersedia diangkat sebagai Karaeng Maggau Ri Borong.

Prosesi itu menggambarkan bahwa rakyat harus taat dan patuh kepada raja, sebagai balasannya adalah kepemimpinan raja bersipat adil, arif dan bijaksana. Inilah yang disebut kontral sosial antara rakyat dengan pemimpinnya.

Andi Ahmad Said Daeng Patunru, salah seorang penasehat KKB I Luluang Daeng Mabbiring mengatakan, "prosesi adat sesungguhnya adalah simbol-simbol yang memiliki makna tersirat yang harus kita fahami agar kita dapat menemukan relevansinya dengan kehidupan masa kini. Dengan demikian prosesi adat tersebut tidak akan bertentangan dengan kondisi masa sekarang, justru bisa menjadi sumber nilai dan inspirasi dalam hidup bermasyarakat dan bernegara. Jadi acara seperti ini bukan untuk menghidupkan kembali sikap feodalistik, tetapi bagaimana kita hidup penuh dengan etika dan itulah yang disebut dengan hidup yang beradab," tutur mantan komisioner transparansi dan partisipasi Kabupaten Bulukumba ini.

Halaman:

Editor: Hilal Milki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jembatan baru di Bandung sudah di buka/ flyover kopo

Rabu, 28 September 2022 | 11:10 WIB

Biadab Berani Cemarkan Nama Baik LSM Ini yang terjadi

Selasa, 27 September 2022 | 22:49 WIB

Viral 5 Hal Haram Buat Kate Middleton

Selasa, 27 September 2022 | 20:27 WIB

Ajak Warga Kelurahan Triwung Lor Siap dan Tanggap Bencana

Selasa, 27 September 2022 | 20:12 WIB

Indonesia Vs Curacao, Kemenangan Mengesankan Garuda

Senin, 26 September 2022 | 12:40 WIB
X