• Senin, 8 Agustus 2022

Proyek Jalan Desa Ranca Sumur Kopo Kabupaten Serang Banten, Diduga Syarat Korupsi

- Rabu, 6 Juli 2022 | 14:56 WIB
Jalan di Serang Banten (AF Kanal WA https://web.whatsapp.com/)
Jalan di Serang Banten (AF Kanal WA https://web.whatsapp.com/)

Serang, MNS-Proyek peningkatan jalan betonisasi di Kampung Rukem yang mulai dikerjakan di waktu baru ini di RT 05, RW 01, Desa Ranca Sumur, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang Banten disoroti oleh aktivis.

Diduga kegiatan pembangunan di Serang Banten tersebut tabrak SOP (standar operasional prosedur) dalam pengerjaannya, Selasa 05/07/2022.

Proyek pembangunan jalan betonisasi di Serang tersebut kini menarik perhatian, khusus bagi aktivis dari LSM juga wartawan Provinsi Banten, mereka menduga hasil fisik pembangunannya dikurangi pada ketebalan beton tersebut.

Dalam pantauan para aktivis di Serang Banten tersebut langsung di lapangan, ketebalan beton pada pembangunan jalan ini bervariasi, ada yang dengan ketebalannya 10 Centi Meter (Cm), 12 Cm , dan ada dengan tebal 13 cm ketebalannya.

Baca Juga: Kabar Duka Tanah Air, Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Pekerja juga tampak di lokasi pembangunan banyak yang tidak menggunakan safety (K3), dan diduga pula pengawasan dari pihak dinas terkait bahkan hasil sealent betonisasi pun menggunakan manual.


Dari volume betonisasi yang dikurangi dan kultur bentuk tanah yang akan digunakan juga tak diperhatikan, misalnya pada bagian pinggir jalan yang akan betonisasi ada yang berlubang dan curam ke sungai hanya ditutup dengan susun batu saja tak selipi bahan semen untuk penguatannya tidak dilakukan turap terlebih dahulu.

Ini tentu begitu mengkhawatirkan karena jika dilalui oleh kendaraan mobil yang sedikit berat, akan membuat jalan tersebut mudah ambruk bukan tak mungkin mobil tersebut akan jatuh ke sungai.

Samudin salah satu pekerja juga sebagai mandor mengetuai para tukang terkait papan proyek, menurut dirinya tidak ada papan proyek juga tidak jadi masalah karena proyek ini hanya perawatan saja, Kata Mandor Samudin.

Halaman:

Editor: Faisal Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dandim 0819 Resmikan Pembangunan Jambanisasi

Jumat, 5 Agustus 2022 | 01:35 WIB
X