• Sabtu, 22 Januari 2022

Warga Nikmati Program Sanitasi Masal Pembuatan Tangki Septik Individual Skala Perdesaan

- Rabu, 29 Desember 2021 | 12:50 WIB
Warga Nikmati Program Sanitasi Masal Pembuatan Tangki Septik Individual Skala Perdesaan
Warga Nikmati Program Sanitasi Masal Pembuatan Tangki Septik Individual Skala Perdesaan

Purwakarta|Nuansasinar.com,-Sebanyak 150 Kepala Keluarga (KK) di Desa Parungbanteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta menikmati program sanitasi masal berupa pembuatan Tangki Septik Individual Skala Perdesaan. Rabu (29/12/2021).

Dengan adanya proyek tersebut, rumah tangga yang asalnya tidak memiliki sarana sanitasi dan kebersihan menjadi punya toilet dan septic tank di rumahnya masing-masing. Proyek tersebut dilaksanakan di Kampung Cigorowek Rt.11, Rw.05, Desa Parungbanteng Kecamatan Sukasari Kabupaten Purwakarta

Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Ajat menjelaskan, program tersebut sangat berarti bagi warga Kampung Cigorowek Rt.11, Rw.05, Desa Parungbanteng karena sebagian besar dari mereka belum memiliki toilet dan septic tank.

Baca Juga: Seorang Perempuan Jadi Mucikari Prostitusi Online di Purwakarta Terbongkar, Diciduk Polisi

Yang dimana Program tersebut akan mendorong masyarakat untuk menerapkan prinsip-prinsip perilaku hidup bersih dan sehat.

Jumlah KK yang menerima manfaat dari program tersebut mencapai 150 KK yang meliputi kurang lebih 400 jiwa. Para penerima manfaat merupakan keluarga yang tidak memiliki toilet dan septic tank.

Anggaran proyek tersebut bersumber dari anggaran Dana  Alokasi Khusus (DAK) dengan total sebesar Rp. 1.050.000.000 juta Tahun Anggaran 2021. Nama kegiatannya  pembangunan sistem pengelolaan air limbah domestik setempat (SPALD-S) tematik kematian ibu dan stunting.

Baca Juga: Pemdakab Purwakarta Targetkan 643 Rumah Tidak Layak Huni

"Program ini sangat berarti bagi masyarakat karena akan menghilangkan kebiasaan buruk mereka dalam buang air besar,” tutur Ajat.

Salah seorang warga Kampung cigorowek yang menerima manfaat program mengatakan, dirinya sangat bahagia mendapatkan jatah pembangunan toilet dan septic tank tersebut.

"Alhamdulillah tahapan pengerjaan mulai dari tahap 1, tahap 2 dan tahap 3 berjalan lancar dan sesuai keinginan warga masyarakat kampung cigorowek desa parungbanteng kecamatan sukasari. Kegiatan pembangunan SPALD-S itu dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat melalui Kelompol Swadaya Masyarakat", pungkasnya.

Baca Juga: Operasi Pekat Gabungan Satpol PP Bersama Polres dan Subdenpom Purwakarta Menjelang Nataru

Reporter Liputan : ( Robi )

Editor: Deni Wahyudi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Petugas Puskemas Cirata Tolak Warga Saat Berobat

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:05 WIB

BUPATI SOSIALISASIKAN BUTED PADA MUSREMBANG Kecamatan

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:40 WIB

Ribuan Pan Asia Hash Akan Datang ke Pangandaran

Selasa, 18 Januari 2022 | 08:42 WIB

Pelantikan RW Oleh Lurah Bendungan di Semarang

Selasa, 18 Januari 2022 | 08:13 WIB

Milangkala Desa Palasari Cianjur yang ke-42 Tahun

Selasa, 18 Januari 2022 | 08:00 WIB
X