Walid Syamsudin Kades Panguragan Lor Gelar Acara Mapag Sri Sajikan Wayang Kulit

banner 160x600
banner 468x60

CIREBON,Nuansasinar.com,-Walid syamsudin kepala desa Panguragan Lor menggelar acara Mapag Sri (Pesta Panen), Penyelenggaraan acara di mulai dari jam 8:00 WIB sampai dengan selesai, bertempat di balai desa panguragan lor kecamatan Panguragan kabupaten Cirebon. Rabu (07/4/2021).

Acara Mapag Sri adalah acara syukuran masyarakat desa Panguragan untuk menyambut Pesta Panen dan acara tersebut simbol dari rasa bersyukur nya masyarakat Panguragan Lor atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah Swt. Karena hasil panennya membuahkan hasil sehingga perekonomian masyarakat Languragan Lor sejahtera di bidang pertanian.

"Dengan diselenggarakannya acara Mapag Sri sebagai bentuk rasa bersyukurnya masyarakat Panguragan Lor khususnya para petani karena hasil panennya melimpah dan acara ini termasuk acara adat istiadat dari leluhur kita dari jaman para wali dulu. Kita sebagai generasi penerus keturunan Cirebon harus tetap melestarikan kebudayaan dan tradisi adat istiadat ini", ungkap Walid Syamsudin kepala desa Panguragan Lor.

Mapag Sri yang diselenggarakan oleh Walid Syamsudin kepala desa Panguragan Lor dan dibantu oleh Pamong desa Panguragan Lor serta dihadiri oleh AkBP Yanto Rusdiyanto, SH.MH., Kapolsek Panguragan, Danramil Kapten Infanteri Nur Syahid, Serma Wahyudi, Bripka Robyansyah, Babinkamtibnas, Kopral Mihroji Banbisa dan para kepala desa sekecamatan Panguragan kabupaten Cirebon.

Acara yang diselenggarakan kepala desa Panguragan Lor, menghibur masyarakat dengan Wayang Kulit yang sudah menjadi tradisi dan adat istiadat yang turun menurun untuk masyarakat Panguragan Lor khusus diwilayah kabupaten Cirebon.

"Pada setiap acara Mapag Sri Pesta Panen menurut tradisi dan adat istiadat dari leluhur kami orang Cirebon, wayang kulit itu melambangkan suatu tradisi dari jaman para wali, pada saat menyiarkan ajaran agama islam itu dengan pewayangan dan itu tidak bisa dihilangkan oleh masyarakat Cirebon, sekali lagi karen itu adalah sudah menjadi tradisi adat istiadat turun temurun," tandasnya.

Menurut masyarakat Panguragan Lor semenjak di bawah naungan Walid Syamsudin sebagai kepala desa, sekarang desa Panguragan Lor banyak mengalami perubahan dan kemajuanya dari segi pembangun irigasi yang dulu tersendat kini saluran irigasi menjadi lancar, dan selama Walid Syamsudin menjabat menjadi kepala desa (kuwu), kinerjanya lebih fokus mendahulukan kepentingan masyarakat khusus kepentingan untuk mensejahterakan perekonomian para petani dan pengusaha kecil.

"Alhamdulillah sejak bapak Walid Syamsudin menjabat sebagai kepala desa desa kami banyak mengalami perubahan dibandingkan dengan kades yang sudah sudah. Kini saluran irigasi menjadi lancar, sedang membangun kios kios untuk meringankan kami yang mempunyai dana dibawah standar. Beliau adalah sosok pemimpin yang menjadi suri tauladan dan menjadi panutan kami. Karena karakter beliau sangat merakyat dan sederhana serta sangat ramah, baik hati dengan warganya," ucap sunarto salah satu masyarakat Panguragan Lor.

Selama Walid Syamsudin menjabat sebagai kepala desa panguragan lor, beliau sudah banyak melakukan trobosan dari segi pertanian, pembangunan irigasi dan pembangunan kios untuk membantu masyarakat yang membutuhkan tempat buka usaha, bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Panguragan Lor kecamatan panguragan kabupaten Cirebon.

(Casmad/Rakhmat.sugianto)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Walid Syamsudin Kades Panguragan Lor Gelar Acara Mapag Sri Sajikan Wayang Kulit"