• Sabtu, 22 Januari 2022

Pejalanan Sunan Gunung Jati dengan Putri Ong Tien

- Jumat, 7 Januari 2022 | 00:07 WIB
Sunan Gunung Jati dan Lieong Tien (Rakhmat)
Sunan Gunung Jati dan Lieong Tien (Rakhmat)

Bandung, MNS-Putri Ong Tien adalah merupakan salah satu putri dari negeri Cina yang sejarahnya cukup dikenal di tanah air adalah Putri Ong Tien. Putri Ong Tien juga salah satu istri Sunan Gunung Jati.

Berawal dari perjalanan yang ditempuh Sunan Gunung Jati dari Mesir Menuju Pulau Jawa, selama perjalanannya. Ia melakukan dakwah untuk menyebarkan agama Islam di wilayah yang disinggahinya termasuk di negeri Cina.

Beliau tinggal beberapa lama di Cina di sana, beliau dikenal sebagai orang pandai dalam ilmu pengetahuan maupun pengobatan.

Baca Juga: Profil dan Biodata Siskaee Pamer Aurat Hingga Diboking Artis

Putri Ong Tien yaitu anak dari Kaisar Hongi Gie dari masa dinasti Ming yang rela menempuh perjalanan ke Jawa demi menjadi istri Sunan Gunung Jati. Pada masa itu pula penyebaran agama Islam sudah sampai ke Cina, hingga pada suatu waktu Kaisar menyuruh putrinya yang masih gadis Ong Tien untuk mengganjal perutnya dengan baskom Kuningan.

Tampak seperti orang hamil kemudian duduk berdampingan dengan saudarinya yang memang sedang hamil 3 bulan. cari Syarif Hidayatullah disuruh menebak mana yang benar-benar hamil.

Syarif Hidayatullah menunjuk ke Putri Ong Tien, Kaisar dan para pembesar istana pun tertawa jawaban sang Sunan Gunung Jati adalah Putri Ong Tien, sedangkan yang mengandung kakaknya. jelas saja Kaisar mencemoohnya karena merasa berhasil membuktikan bahwa Sunan Gunung Jati tidak pandai seperti yang dikatakan orang.

Baca Juga: Oknum Komisioner Riau Tidak Integritas Terhadap Rakyat

Putri Ong Tien pun kemudian masuk ke kamar dan melepaskan Bokor Kuningan dari perutnya, namun apa yang terjadi semua penghuni istana pun terkejut, karena bokor yang ada di dalam perut Putri Ong Tien hilang. Namun anehnya Putri Ong Tien benar-benar hamil seperti yang dikatakan oleh Sunan Gunung Jati.

Halaman:

Editor: Faisal Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Prahara Kerajaan Pajajaran

Jumat, 7 Januari 2022 | 16:27 WIB

Pejalanan Sunan Gunung Jati dengan Putri Ong Tien

Jumat, 7 Januari 2022 | 00:07 WIB

Sejarah Pangeran Soka Atau Syekh Magelung Sakti

Rabu, 5 Januari 2022 | 18:49 WIB

Jongos yang Malu Bertani

Senin, 3 Januari 2022 | 16:00 WIB

7 Fakta Suku Baduy, Interpretasi Ilmu Antropologi

Senin, 27 Desember 2021 | 19:50 WIB
X