• Sabtu, 22 Januari 2022

Jongos yang Malu Bertani

- Senin, 3 Januari 2022 | 16:00 WIB
Semai di Halaman Rumah (Faisal Nugraha)
Semai di Halaman Rumah (Faisal Nugraha)

Bandung, MNS-Urban Farming (Pertanian Urban). Benih mulanya diberi ruang oleh tanah, disiramlah air pada tanah lalu mikroba hidup dan biji mulai berkecambah, dahan dan daun mulai mencuat ke permukaan.

Setelah 3 hari proses semai, biji yang sudah mulai berkecambah diperkenalkan pada unsur api (matahari), dan dedaunan berfotosintetis, merubah oksigen unsur angin menjadi glukosa. Lahirlah sebuah identitas yakni, pohon cabai, tomat, terong, bunga matahari, lidah buaya dan lainnya.

Lalu mereka mulai menjalani sebuah proses yang dinamakan “kehidupan”. Di antara mereka ada yang berumur pendek dan ada pula yang dikenang dan diperlihara dengan umur yang panjang, bahkan tak sedikit dari mereka yang dijual dengan nominal harga yang fantastis.

Baca Juga: Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata Peringati Hari Amal Bakti Kementrian Agama ke-76 Tahun 2022.

Alam pikir dan kesadaran manusia melalui spektrum dan frekuensi gelombang otak harus terbangun, pasalnya semesta sangat begitu Freemesen (alias gratis), dengan cuma-cuma ia tawarkan diri untuk menghidupi makhluk hidup.

Sedang manusia masih sengkarut, tak kemput-kemputnya mengejar cita-cita, hingga tega perang saudara, merusak sumber daya, ekspansi lahan, saling patuk dan saling tubruk-menubruk hingga membiaskan nilai kemanusiaan.

Seseorang menjual lahan garap untuk sekolah di universitas yang ia gemari, hingga lulus ia dengan percaya diri bekerja di perusahaan asing. Lupalah ia kalau dirinya adalah jongos bangsa luar yang memerintah di tanah leluhurnya sendiri.

Baca Juga: Bupati Muaro Jambi Hadiri Acara Peringatan Hari Bhakti Kementerian Agama RI ke-76

Tentunya ia tak sadar, di era 5.0 ini seorang, sarjana, advokat, petani, pemuka agama, seniman, dan lainnya hanya jadi buruh semata. Kapitalis sudah menjalar hingga ujung angin, hingga untuk buang air kecil di negara sendiri saja ditarif sebesar 2000 Rupiah.

Halaman:

Editor: Faisal Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Prahara Kerajaan Pajajaran

Jumat, 7 Januari 2022 | 16:27 WIB

Pejalanan Sunan Gunung Jati dengan Putri Ong Tien

Jumat, 7 Januari 2022 | 00:07 WIB

Sejarah Pangeran Soka Atau Syekh Magelung Sakti

Rabu, 5 Januari 2022 | 18:49 WIB

Jongos yang Malu Bertani

Senin, 3 Januari 2022 | 16:00 WIB

7 Fakta Suku Baduy, Interpretasi Ilmu Antropologi

Senin, 27 Desember 2021 | 19:50 WIB
X