• Sabtu, 22 Januari 2022

Kisah Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari, Sosok Cantik Nan Sakti Yang Berjasa Sebarkan Islam di Cirebon

- Senin, 3 Januari 2022 | 12:50 WIB
Kisah Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari (Image:Maps/Nur Muhammad)
Kisah Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari (Image:Maps/Nur Muhammad)


nuansasinar.com - Situs makom Astana Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari terletak di Desa Panguragan, KecamatanPanguragan, Kabupaten Cirebon. Banyak peziarah yang berdatangan dari berbagai wilayah, bertujuan untuk mencari karomah, terutama pada bulan Maulid Nabi.

Konon menurut cerita dari para pini sepuh Astana Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari dan para sesepuh Keraton Cirebon, bahwa Nyi Mas Ratu Gandasari sejak dari kecil diangkat anak oleh Ki Kuwu Cirebon yang bergelar Ki Ageng Selapandan atau Pangeran Cakrabuana yang masih keturunan Prabu Siliwangi.

Nama kecil Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari adalah Nyi Mas Panguragan. Setelah menjadi murid Syeh Syarif hidayatullah atau Sunan Gunung Jati, Nyi Mas Panguragan diberikan gelar Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari.

Baca Juga: Lengkap Dengan Cuti Bersama, Ini Hari Libur Nasional Untuk Tahun 2022

Sejak keraton Cirebon dipimpin oleh Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati, Cirebon tidak mau mengirimkan terasi kepada Raja Galuh. Raja Galuh murka dan menyatakan perang dengan Cirebon.

Karena kecantikan dan kepandaiannya dalam ilmu bela diri, beliau telah berhasil menipu pangeran dari Rajagaluh, sebuah negara bawahan dari kerajaan Hindu Galuh-Pajajaran (yang kemudian menjadi raja dan bernama Prabu Cakraningrat).

makom Astana Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari (Image:Maps/Nurhasan Wirayuda)

Konon Cakraningrat tertarik untuk menjadikan Nyi Mas Ratu Ayu Gandasari sebagai istri. Ia pun tak segan - segan mengajaknya berkeliling ke seluruh pelosok isi kerajaan, bahkan sampai dengan ke tempat - tempat yang amat rahasia. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh Pangeran Cakrabuana, orang tua angkat Nyi Mas Ratu Gandasari untuk kemudian menyerang Rajagaluh.

Dengan kesaktian dan kecerdikan Nyi Mas Ratu Gandasari, maka Raja Galuh dari Majalengka yang beragama Hindu bisa ditaklukkan oleh pasukan Cirebon. Nyi Mas Ratu Gandasari juga turut serta berjasa dalam menyebarkan agama Islam di wilayah Cirebon.

Halaman:

Editor: Soni Somantri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Prahara Kerajaan Pajajaran

Jumat, 7 Januari 2022 | 16:27 WIB

Pejalanan Sunan Gunung Jati dengan Putri Ong Tien

Jumat, 7 Januari 2022 | 00:07 WIB

Sejarah Pangeran Soka Atau Syekh Magelung Sakti

Rabu, 5 Januari 2022 | 18:49 WIB

Jongos yang Malu Bertani

Senin, 3 Januari 2022 | 16:00 WIB

7 Fakta Suku Baduy, Interpretasi Ilmu Antropologi

Senin, 27 Desember 2021 | 19:50 WIB
X