Pemerintah Kabupaten Pangandaran Akan Bangun Pusat Pelestarian Budaya Sunda


Pangandaran, Nuansasinar.com - Kabupaten Pangandaran memiliki Asset Besar Kepariwisataan di wilayah Provinsi Jawa Barat. Untuk melengkapinya, perlu ditunjang dengan kearipan lokal terutama pencerminan pelestarian budaya agar wisatawan yang berkunjung akan lebih terlengkapi menghabiskan waktunya di Pangandaran.

Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pasundan Bandung Drs. Kunkun ,M.Si. menuturkan,"Kami bersilaturahmi kepada Pimpinan Pemerintah Kabupaten Pangandaran, yang mana saat ini Bupati Pangandaran berhalangan dan diwakili oleh Wakil Bupati Pangandaran. Kami menyampaikan tentang rencana membangun Pusat Pelestarian Budaya Sunda, yang notabene akan mendirikan 12 Kampung Adat Sunda," Tuturnya.

"12 Kampung tersebut bertempat Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih ,sebagaimana sesuai yang pernah diutarakan Bupati Pangandaran diatas tanah 10 Ha. Proyek ini bekerjasama antara Fisip Unpas dengan Pemerintah Kabupaten Pangandaran dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat," Tambahnya.

Baca Juga :


Bupati Pangandaran: Covid-19 Berakhir Apabila Masyarakat Sudah Divaksin

"Kami sudah menyerahkan dokumen sebagai dasar usulan Pemda Kabupaten Pangandaran ke Pemerintah Daerah Profinsi Jawa Barat. Mengenai penerapan anggaran, kami akan mengikuti sesuai konsep pemerintah. Terlebih situasi Pandemi sekarang, diharapkan tahun anggaran 2022 kita sudah memulai dalam penataannya," Harap Kunkun.(13/10).

"Selain itu Kami memiliki Konsep Budaya Sunda yang mempunyai 12 Kampung Sunda,yang mana membutuhkan back up pelestarian budaya selain dijadikan pusat pembelajaran juga bisa dijadikan pusat penelitian budaya yang berkaitan dengan destinasi wisata dan lainnya" Jelasnya.

Dalam perencanaan itu, tahap pertama akan lakukan perencanaan global penyusunan dokumen asli dari 12 kampung budaya tersebut. Bilamana sudah mencukupi akan diadakan saining formal dokumen budaya yang akan dilestarikan, selanjutnya dilakukan pembangunan fisik dan akan mendesain bangunan dan penataan adat yang disesuaikan dengan budayanya ,

(Rachmat)

Baca Juga :  Nota Kesepakatan DPRD Pangandaran, Acuan APBD
author
No Response

Leave a reply "Pemerintah Kabupaten Pangandaran Akan Bangun Pusat Pelestarian Budaya Sunda"