Jokowi Ditunggu Ucapkan Salam Rahayu, Sebagai Bentuk Gratifikasi

Oleh: Faisal Nugraha
Ilustrasi: Darsoisme

Bandung Barat, MNS-Nusantara tentu tak ada habisnya bila berbicara kebudayaan, selain tentang kesenian tentunya masih kompleks lagi. Apalagi meninjau religion asli jati diri bangsa yang tidak terkontaminasi kepercayaan bangsa asing, yakni salah satunya aliran perjalanan kebatinan. 17/09/2021.

Dengan khidmat telah terlaksana giat Pangéling-ngéling Paméndak Mama Méi Kartawinata pada Kamis, 16 September 2021 di Paséwakan Waruga Jati JL. Cicalung No. 106 Wangunraharja Lembang, kabupaten Bandung Barat. Kendati demikian kegiatan berlangsung khidmat dan tak luput SOP Protokol Kesehatan yang ketat.

Agama penghayatan dengan nilai-nilai tinggi ini memang sudah sejak lama distigmsisasi atheis dan dihilangkan hak kewarganegaraannya, kendati demikian hal ini dipertebal pada masa orde baru, Tap MPR 1978 yang menyebut tegas kelompok kepercayaan/kebatinan bukanlah bagian dari agama tapi bagian dari kebudayaan.

Kendati demikian UU. No 23 Tahun 2006 Pasal 64 (2). Keteragan agama sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi penduduk yang agamanya belum diakui sebagai agama sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau bagi penghayat kepercayaan tidak diisi, tetapi tetap dilayani dan dicatat dalam database kependudukan.

Angin segar mulai dihirup aliran perjalanan kebatinan, kepercayaan, Sunda Wiwitan atau lainnya atas putusan MK sekitar tahun 2017, karena adanya kepercayaan pada kolom agama di KTP. Di sela sambutan Engkus Ruswana menuturkan.

“Kami semua terus berjuang untuk hak-hak sebagai warga negara, puji tuhanpun sekarang perlahan anak-anak kami di sekolah dasar sudah dapat hak untuk tidak mengikuti pelajaran agama yang tak dianutnya, malahan perlahan ada guru khusus. Ke depannya kita menunggu presiden Jokowi mengucapkan salam rahayu.”

“Menteri sosial sudah mengucapkan salam rahayu, kendati menteri Kemenparkraf Sandiuno, kami masih menunggu presiden Jokowi mengucapkan salam rahayu sebagai bentuk gratifikasi!” pungkas Engkus.

Baca Juga :  Jokowi Cek Ketersediaan Obat di Apotek
No Response

Leave a reply "Jokowi Ditunggu Ucapkan Salam Rahayu, Sebagai Bentuk Gratifikasi"